Renstra 2013-2018

  • Dibaca: 411 Pengunjung

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1      Latar Belakang

 

Pembangunan kesehatan merupakan pembangunan investasi baik secara sosial maupun ekonomis. Dalam keadaan sehat masyarakat mampu berproduktivitas sehingga  derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang diselenggarakan berdasarkan perikemanusian, pemberdayaan dan kemandirian, adil, merata dan manfaat dengan perhatian khusus pada penduduk rentan dan keluarga miskin.

Terkait dengan pembangunan kesehatan, dalam Bhagawad Githa 18.95 disampaikan sebagai berikut :

karmany evadikharas te, ma phalesu kadacana, ma karma-phala-hetur bhur, ma te sango ‘stv akarmani.....

yang menyiratkan makna bahwa tugas-tugas pembangunan termasuk di bidang kesehatan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan tanpa disertai dengan anggapan bahwa hasil pembangunan tersebut semata-mata karena peran pihak-pihak tertentu. Pembangunan kesehatan merupakan hak dan kewajiban segenap masyarakat Indonesia dan hasil-hasilnya pun adalah hasil dari seluruh masyarakat Indonesia.  

Pembangunan kesehatan dilaksanakan melalui peningkatan upaya 6 sub sistem kesehatan nasional dengan memperhatikan dinamika kependudukan, epidemiologi penyakit, perubahan ekologi  dan lingkungan, kemajuan IPTEK, serta globalisasi dan demokratisasi dengan semangat kemitraan dan kerjasama lintas sektoral. Penekanan diberikan pada upaya promotif dan preventif. Pembangunan kesehatan harus berwawasan kesehatan, yaitu setiap kebijakan publik selalu memperhatikan dampaknya terhadap kesehatan.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mengamanatkan tentang perlunya penyusunan rencana strategis (renstra) di tingkat unit kerja dalam mendukung perencanaan daerah.  Sebagai salah satu pelaku pembangunan kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung telah menyusun Rencana Strategis (Renstra) pembangunan kesehatan tahun 2013 -2018. Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung merupakan dokumen perencanaan yang bersifat sistematis dan indikatif yang memuat program-program pembangunan kesehatan yang dilaksanakan langsung dengan mendorong peran aktif masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Penyusunan Renstra kesehatan diharapkan mencerminkan tujuan pembangunan milenium (MDGs,2015) dalam mengatasi masalah kesehatan seperti : meningkatkan kesehatan ibu, menurunkan angka kematian bayi, dan memerangi penyakit menular (infeksi).

Penyusunan Renstra ini juga didorong oleh sistem pemerintahan desentralistik semakin memfungsikan Dinas Kesehatan Kabupaten/kota sebagai penyusun kebijakan dan perencanaan dari aspek teknis pembangunan kesehatan. Perencanaan yang strategis sangat diperlukan untuk menggerakkan segenap potensi pembangunan kesehatan yang ada di daerah sesuai dengan kewenangan dalam penyelenggaraan otonomi daerah secara terencana dan terukur.  Perencanaan strategis Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung sebagai acuan untuk menyusun program kesehatan secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan dan permasalahan yang cenderung berkembang dan semakin kompleks. 

Oleh karena itu penyusunan Renstra Dinas Kesehatan ini melibatkan seluruh pemegang program di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dengan mengacu kepada Rencana Kerja Dinas Kesehatan serta rencana pembangunan terkait seperti Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Klungkung tahun 2013 -2018, Rencana Strategis Dinas Kesehatan Provinsi Bali, serta Rencana Strategis Kementerian Kesehatan. Sedangkan program-program kesehatan atau rencana kerja yang disusun mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanan Pengelolaan Keuangan Daerah untuk urusan kesehatan. 

 

1.2 Landasan Hukum

 

            Penyusunan Rencana Strategis Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung tahun 2013 -2018 berpedoman pada :

a.      Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara;

b.      Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendahaaran Negara;

c.       Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara;

d.      Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional;

e.      Undang-Undang Nomor 32 Tahun  2004 tentang Pemerintahan Daerah;

f.        Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah;

g.      Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025;

h.     Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan

i.        Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah;

j.        Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2001 tentang Pelaporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah;

k.      Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja instansi Pemerintah;

l.        Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Daerah;

j.        Perda Nomor 08Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Klungkung.

k.      Perda Nomor 01 Tahun 2013 tentang RPJMD Kabupaten Klungkung Tahun 2013 -2018

 

1.3 Maksud dan Tujuan

 

1.3.1 Maksud

 

Penyusunan Rencana Strategis Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung tahun 2013 - 2018dimaksudkan untuk :

  1. Menjabarkan visi, misi dan program Kepala Daerah di bidang kesehatan yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Klungkung ke dalam rencana pembangunan 5 (lima) tahun yang bersifat indikatif.
  2. Menyerasikan dan menyelaraskan kebijakan dan program pembangunan kesehatan baik di tingkat pusat, daerah dan aspirasi masyarakat.
  3. Sebagai pedoman bagi seluruh jaringan pelayanan kesehatan dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebagai implementasi dari misi organisasi.

 

1.3.2     Tujuan

 

Tujuan penyusunan Rencana Strategis Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung tahun 2013 - 2018adalah :

  1. Terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi pembangunan kesehatan baik antar pusat, provinsi dan antar daerah Kabupaten/Kota.
  2. Terjadinya keterkaitan dan konsistensi system manajemen pelayanan kesehatan antar perencana, penyelenggara, pelaksana dan pengawasanpelayanan kesehatan.
  3. Terselenggaranya  pelayanan kesehatan prima pada masyarakat.
  4. Terbantunyajajaran aparatur pemerintah yang terkait dalam menentukan program pembangunan kesehatan yang ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan yang nantinya diukur dengan indikator-indikator.
  5. Tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkualitas dan berkelanjutan.

 

1.4             Sistematika Penulisan

 

      Sistematika penulisan Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung tahun 2014-2018adalah sebagai berikut :

Bab I Pendahuluan

1.1               Latar Belakang, memuat penjelasan tentang alasan-alasan perlunya penyusunan Renstra;

1.2              Landasan Hukum, memuat penjelasan UU, Peraturan Pemerintah dan Peraturan Perundangan lainnya yang menjadi dasar penyusunan Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung;

1.3              Maksud dan Tujuan, memuat penjelasan maksud dan tujuan penyusunan Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dalam kerangka perencanaan strategis lima tahun;

1.4              Sistematika Penulisan, memuat penjelasan struktur dan mekanisme penulisan penyusunan dokumen Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung.

 

Bab II   Gambaran Pelayanan Dinas Kesehatan

2.1              Tugas, Fungsi, dan Struktur Organisasi Dinas Kesehatan, memuat penjelasan umum tentang dasar hukum pembentukan Dinas Kesehatan, struktur organisasi Dinas Kesehatan, serta uraian tugas dan fungsi sampai dengan satu eselon di bawah Kepala Dinas Kesehatan

2.2             Sumber Daya Dinas Kesehatan, memuat penjelsan ringkas tentang macam sumber daya yang dimiliki dalam menjalankan tugas dan fungsi, mencakup sumber daya manusia, aset/modal dan unit usaha yang masih operasional.

2.3             Kinerja Pelayanan Dinas Kesehatan, memuat tingkat capaian kinerja berdasarkan sasaran/target Renstra periode sebelumnya, menurut SPM untuk urusan wajib dan/atau indikator pelayanan Dinas Kesehatan dan/atau indikator lainnya seperti MDG’s dan indikator yang telah diratifikasi oleh pemerintah

2.4             Tantangan dan Peluang Pengembangan Pelayanan, memuat hasil analisis terhadap Renstra Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Bali, hasil telaahan terhadap RTRW, dan hasil analisis terhadap KHLS yang berimplikasi sebagai tantangan dan peluang bagi pengembangan pelayanan pada lima tahun mendatang.

 

Bab III  Isu-Isu Strategis Berdasarkan Tugas dan Fungsi

3.1              Identifikasi Permasalahan  Berdasarkan Tugas dan Fungsi Pelayanan , mengemukakan permasalahan-permasalahan pelayanan Dinas Kesehatan beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

3.2             Telaahan Visi, Misi dan Program Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, memuat tugas dan fungsi Dinas kesehatan terkait dengan vis dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, serta faktor-faktor yang dapat menghambat ataupun mendorong pencapaian visi dan misi tersebut.

3.3             Telaahan Renstra Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan Kementerian Kesehatan, memuat  faktor-faktor yang dapat menghambat ataupun mendorong pelayanan Dinas Kesehatan ditinjau dari sasaran jangka menengah Renstra Kementerian Kesehatan dan Renstra Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

3.4             Telaahan Rencana tata Ruang Wilayah dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis, memuat faktor-faktor yang dapat menghambat ataupun mendorong pelayanan Dinas Kesehatan ditinjau dari implikasi RTRW dan KLHS.

3.5              Penentuan Isu-Isu Strategis, memuat isu-isu strategis yang akan ditangani melalui Renstra

 

Bab IV   Visi,Misi,Tujuan, dan Sasaran,  Strategi dan Kebijakan

4.1              Visi dan Misi Dinas Kesehatan kabupaten Klungkung, memuat rumusan pernyataan visi dan misi  Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung.

4.2             Tujuan dan sasaran Jangka Menengah Dinas Kesehatan, memuat rumusan pernyataan tujuan dan sasaran jangka menengah Dinas Kesehatan kabupaten Klungkung beserta indikator kinerjanya .

4.3             Strategi dan Kebijakan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, memuat rumusan pernyataan strategi dan kebijakan Dinas Kesehatan kabupaten Klungkung dalam lima tahun ke depan.

 

Bab V Rencana Program dan Kegiatan, Indikator Kinerja, Kelompok Sasaran dan Pendanaan Indikatif , memuat rencana program dan kegiatan, indikator kinerja, kelompok sasaran dan pendanaan indikatif.

 

Bab VI Indikator Kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung Yang Mengacu Pada Tujuan dan sasaran RPJMD, memuat indikator kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung yang secara langsung menunjukkan kinerja yang alam dicapai dalam lima tahun mendatang sebagai komitmen untuk mendukung pencapaian tujuan dan sasaran dan RPJMD.

 

Bab VII  Penutup

Selengkapnya

  • Dibaca: 411 Pengunjung